POLITIK

Disebut All Jokowi s Men Prabowo Ganjar Duet Maut

KabarKlik.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo jalan bareng di Kebumen, Jawa Tengah, belum lama ini. Mereka nampak mesra mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kunjungan kerja itu.

Ini merupakan pertama kalinya dua sosok yang disebut paling tinggi elektabilitasnya dalam bursa capres di Pilpres 2024, jalan bersama. Kemesraan mereka menimbulkan spekulasi. Mungkinkah keduanya berduet dalam Pilpres 2024?

Diketahui, di tengah persawahan di daerah Kebumen, Jokowi dan Prabowo memakai kemeja berwarna putih. Ganjar memakai seragam dinas cokelat. Ketiganya tersenyum sumringah berpose dengan petani yang ditemuinya.

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro menyebut, kemungkinan duet ini akan terwujud dengan syarat Ganjar rela menjadi cawapres. “Menimbang sejak awal Prabowo sudah mendeklarasikan diri sebagai capres secara resmi me­lalui Partai Gerindra. Sedangkan Ganjar, memang elektabilitasnya tinggi sebagai capres, tetapi secara resmi dari partai belum ada,” kata Agung kepada Rakyat Merdeka, belum lama ini.

Selain itu, Pilpres 2024 men­jadi palagan ketiga Prabowo ma­ju ke Pilpres setelah dua periode sebelumnya maju sebagai cap­res. Artinya, kecil kemungkinan bila di periode ketiganya maju, mengambil jalan sebagai cawa­pres. “Sedangkan Ganjar, ini pertama kalinya maju Pilpres dan ketika berpasangan dengan Prabowo, maka kans majunya lebih pasti sebagai cawapres,” tuturnya.

Kans untuk duet ini terwujud di Pilpres 2024 juga terbuka lebar. Bahkan, meskipun Ganjar tidak diusung PDI Perjuangan. Sebab, selain Gerindra, ada PAN yang siap mendukung Ganjar. “Memang dalam berbagai kesempatan, PAN kan menjago­kan Ganjar selain Erick Thohir,” ujarnya.

Ditambahkan, secara elektoral, duet Prabowo-Ganjar ini juga berpotensi besar menang, karena ceruk pemilih keduanya saling melengkapi. “Ini duet cetar. Elektabilitasnya selalu atas yang cenderung terus naik,” ujarnya.

Apalagi, lanjutnya, Presiden Jokowi juga turut serta men­dukung Prabowo-Ganjar untuk maju. Sehingga realitas poli­tik ini menguntungkan bukan hanya di sisi Prabowo-Ganjar, melainkan juga bagi Presiden Jokowi karena ada kepastian program-program Pemerintah dilanjutkan. “Duet ini kan all Jokowi’s Mens,” pungkasnya.

Serupa, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai,duet ini maut dan ideal. “Prabowo-Ganjar amat rasional kemenangannya. Survei juga mengatakan Prabowo-Ganjar selalu masuk tiga besar sebagai capres. Ini pasangan yang sangat bisa mengalahkan Anies,” kata Ujang kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Apalagi, lanjut Ujang, sudah jelas Prabowo-Ganjar dapat restu Jokowi. “Keduanya dekat dengan Jokowi. Jalan duet ini semakin lapang,” tandasnya.

Pendiri Relawan Poros Ganjaran, Gaguk Inaker mengungkapkan, saat ini relawan beru­saha mengantarkan Ganjar se­bagai presiden penerus Jokowi. “Sebab kita adalah Relawan Ganjar Pranowo For President RI ke-8 dan terus berusaha secara maksimal agar elektabilitasnya tertinggi di antara capres lainnya,” tegas Gaguk kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Namun, relawan Ganjar juga tak menutup kemungkinan akan mendukung Ganjar di posisi apapun. “Itu nanti tergantung dinamika dan dialektika koalisi partai politik ke depan. Saat ini, kami fokus dukung Pak Ganjar sebagai capres,” tegasnya.

Sebelumnya, hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Relawan Jokowi di Semarang Jawa Tengah beberapa waktu lalu, juga memunculkan duet Prabowo-Ganjar. Pasangan ini menem­pati posisi teratas baik posisi capres maupun cawapres. Sementara berdasarkan survei ter­baru Indonesia Polling Station (IPS) akhir Februari lalu, duet Prabowo-Ganjar juga meraih elektabilitas 58,5 persen.

 

sumber : https://rm.id/

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock