BANTENLebak

Bikin Bangga! Petani Lebak Banten Sukses Budidaya Bibit Padi VR-46, Tembus Pasar Jateng

KabarKlik.com – Rudi, seorang petani asal Desa Cihara, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten sukses membudidayakan bibit padi jenis VR-46. Atas usahanya itu, bibit padi tersebut bisa tembus pasar Jawa Tengah.

Ditemui usai panen raya, Rudi menyebut pangsa pasar bibit padi VR-46 yang diproduksinya yakni wilayah Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Sekira 1,5 ton bibit padi sudah dikirim untuk memenuhi permintaan petani di sana.

“Kami pasok ke Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal, sekira 1,5 ton bibit. Permintaan dari sana masih tinggi untuk jenis padi VR-46,” kata Rudi, Minggu (12/3/2023).

Ditanya soal keunggulan padi jenis VR-46 ini, Rudi menjelaskan bahwa potensi hasil tinggi dengan gabah super premium alias berukuran diatas rata rata padi pada umumnya.

“Perawatan padi ini cukup mudah tahan penyakit dengan postur sedang dan cukup anakan. Bagus ditanam di lahan irigasi teknis, bobot gabah lumayan bagus dan rendemennya cukup tinggi,” tuturnya.

Untuk satu kemasan bibit VR-46 berisi 5 kilogram benih, pemegang merk ‘Petani Djadoel’ ini menjual dengan harga Rp75 ribu per kantong.

“Kami pasarkan melalui online dan lewat komunitas petani-petani, baik di wilayah Banten, Jawa Barat, hingga Jawa Tengah,” ucapnya.

Lebih lanjut, kata Rudi, dengan menggunakan bibit jenis VR-46 ini, petani bisa menghasilkan 9 hingga 10 ton padi dalam satu hektarenya. Jenis padi ini juga cocok di wilayah tadah hujan yang debit airnya tak menentu.

“Cocok ditanam di berbagai jenis tanah, tahan di lahan dengan PH rendan dan keasaman. Biaya produksinya juga rendah, satu hektare hanya sekira Rp7-8 juta,” tambah Rudi.

Beragam keunggulan padi jenis VR-46, Rudi berharap pemerintah Kabupaten Lebak turut terlibat dalam pengembangan dan budi dayanya. Agar kapasitas produksi pertanian, khususnya beras bisa semakin meningkat.

sumber : https://regional.inews.id/

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock