Connect with us

BANTEN

Lestarikan Warisan Budaya, Pemerintah Provinsi Banten Bahas Raperda Objek Pemajuan Budaya

Published

on

Lestarikan Warisan Budaya, Pemerintah Provinsi Banten Bahas Raperda Objek Pemajuan Budaya

Serang, kabarklik – Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Plh Sekda) Provinsi Banten Virgojanti mengatakan saat ini Pemerintah Provinsi Banten bersama DPRD Provinsi Banten tengah membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Objek Pemajuan Kebudayaan.

Dikatakannya, hal tersebut merupakan sebagai salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Banten dalam menjaga dan melestarikan budaya, agar dapat dikenal bagi generasi muda nantinya.

“Dengan adanya Perda ini ada satu komitmen bersama di mana seluruh warisan budaya yang ada di Provinsi Banten ini akan kita lestarikan,” ungkapnya saat menghadiri Tasyakuran Padepokan Godam Denok di Desa Cibopong, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang, Senin (17/7/2023).

“Sehingga dengan demikian dapat dikenal secara luas kepada seluruh masyarakat dan khususnya generasi muda yang ada di Banten, jangan sampai orang Banten tidak tahu budayanya sendiri,” sambungnya.

Advertisement

Dikatakan, Golok Ciomas merupakan salah satu karya budaya asal Provinsi Banten yang telah dikenal di berbagai daerah di Indonesia, bahkan hingga belahan dunia.

“Di Banten itu ada satu karya budaya yaitu Golok Ciomas, orang telah mengenal Golok Ciomas itu kemana-mana,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Virgojanti berharap dengan hadirnya Padepokan Godam Denok dan Mini Museum Golok Ciomas dapat menjadi upaya dalam melestarikan karya budaya asal Provinsi Banten.

“Itu bisa menjadi tujuan wisata atau tempat informasi, karena banyak orang yang tertarik terkait itu,” imbuhnya.

Sementara, Salah Satu Pelatih Seni Budaya di Padepokan Godam Denok Jumantan berharap, dengan adanya padepokan Godam Denok dapat terus melestarikan budaya dari Golok Ciomas.

Advertisement

“Hari ini peresmian padepokan. Semoga dengan adanya padepokan, Golok Ciomas dapat terangkat,” tandasnya.

BANTEN

GP Ansor Banten: Simbol Negara Harus Dihormati, Solidaritas Terhadap Palestina Harus Terus Dijalani

Published

on

GP Ansor Banten: Simbol Negara Harus Dihormati, Solidaritas Terhadap Palestina Harus Terus Dijalani

SERANG – Kabarklik.com – PW GP Ansor Banten mengecam tindakan oknum yang tidak menghormati simbol negara, yaitu bendera merah putih yang ditempatkan di bawah bendera organisasi terlarang, HTI.

Peristiwa itu terjadi saat sejumlah massa melakukan aksi solidaritas terhadap Palestina di Kota Serang, pada Jumat 2 November 2023.

Ketua PW GP Ansor Banten, Ahmad Nuri mengatakan bahwa siapapun warga negara Indonesia, harus menghormati segala bentuk simbol negara, salah satunya bendera merah putih.

“Simbol negara harus dihirmati, solidaritas terhadap Palestina harus tetap dijalani,” kata Nuri.

Advertisement

Nuri menilai bahwa aksi Solidaritas terhadap Palestina merupakan sebuah aksi kemanusiaan yang harus didukung bersama seluruh entitas bangsa Indonesia.

Bahkan menurutnya, tidak ada alasan bagi bangsa Indonesia, khususnya umat islam dan seluruh umat beragama di Indonesia untuk menyatakan aksi solidaritas terhadap Palestina dan mengutuk kekerasan dan pembantaian yang dilakukan oleh Israel

“Hal ini karena bahwa tindakan Israel sudah melampaui batas kemanusiaan yang harus dikedepankan oleh bangsa Indonesia, karena segala bentuk penjajahan harus dihapuskan di atas dunia ini,” ujarnya.

Sebagai bagian dari komponen bangsa, Ansor Banten menegaskan bahwa pihaknya sangat ikut prihatin dan mengutuk tindakan kekerasan yang dilakukan oleh Israel terhadap palestina, karena telah menciderai kemanusiaan dan membunuh perdaban manusia yang ada di dunia.

“Oleh karena itu kami sepakat dengan seluruh komponen bangsa ini untuk sama-sama melawan kezaliman Israel terhadap palestina dan kita juga ikut instruksi PBNU dalam rangka ikhtiar menggalang solidaritas baik bersifat materil, moral maupun spiritual,” jelasnya.

Advertisement

Namun dalam perjalanannya, Nuri menyayangkan adanya oknum yang melakukan aksi solidaritas tersebut telah menciderai dan menghina lambang negara dengan memposisikan lambang negara di bawah bendera HTI.

“Lambang negara harus kita hormati, kita tidak ingin suasana solidaritas dan kebersamaan umat ini deciderai oleh tindakan-tindakan yang mengingkari komitmen kebangsaan ini,” tegasnya.

Oleh karena itu, Nuri mengimbau kepada warga dan masyarakat Banten, dalam rangka melakukan aksi apapun, harus tetap menjaga dan menghormati simbol-simbol negara tersebut.

“Mari kita bersama-sama tetap menjaga NKRI, menjaga seluruh simbol-simbol negara, terutama bendera merah putih harus di atas segala-galanya,” katanya.

“Kalaupun ada oknum yang melakukan tindakan yang sengaja atau tidak sengaja yang memposisikan bendera merah putih di bawah bendera organisasi ygang dilarang bangsa ini, saya minta kepada aparat penegak hukum untuk selalu menyusut tuntas tindakan seperti itu,” kata Nuri dengan tegas.

Advertisement

Pihaknya pun tidak menginginkan hal-hal seperti itu terulang kembali, meski dengan alasan kemanusiaan, namun menempatkan simbol negara di bawah bendera organisasi terlarang adalah suatu bentuk pengkhiatan terhadap komitmen kebangsaan.

“Itu jelas bendera HTI, saya minta aparat penegak hukum segera mengusut tuntas tindakan seperti ini, jangan sampai terulang kembali di tanah Banten ini

“Kami Ansor Banten memandng perlu melaksanakan hal-hal yang sifatnya menjaga NKRI dengan tetap menjunjung tinggi kemanisian dan solidaritas terhadap Palestina,” tutup Nuri.

Advertisement
Continue Reading

BANTEN

Pemerintah Serang Promosikan Produk UMKM di Pelabuhan Merak

Published

on

Pemerintah Serang Promosikan Produk UMKM di Pelabuhan Merak

SERANG, Kabarklik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoumperindag) terus mempromosikan produk unggulan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Setelah sebelumnya hadir di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, kini aneka produk UMKM dipamerkan melalui booth di Sosoro Mall, Pelabuhan Eksekutif Merak, Kota Cilegon.

Peresmian booth tersebut dilakukan langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bersama General Manager ASDP Cabang Utama Merak, Soeharto, Selasa (24/10/2023). Booth tersebut mempromosikan 12 motif batik khas Kabupaten Serang, gerabah, anyaman bambu, dan sejumlah produk UMKM unggulan.

”Alhamdulillah, kami kembali berupaya membantu pemasaran produk UMKM dari Kabupaten Serang, kembali membuka booth untuk batik, gerabah dan anyaman bambu. Kali ini di Sosoro Mall Pelabuhan Eksekutif Merak,” ujar Tatu kepada wartawan.

Pada akhir 2022, Pemkab Serang sudah membangun booth promosi produk UMKM, terutama batik khas dan gerabah di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Bahkan pada Hari Batik Nasional tahun ini, Pemkab Serang menggelar acara bersama dengan PT Angkasa Pura II di Terminal 3 Bandara Soetta. Dan untuk di Sosoro Mall, merupakan booth UMKM kedua setelah di Bandara Soetta.

Advertisement

Tatu menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh ASDP Merak, dalam upaya mempromosikan produk UMKM. Ia meyakini, butuh sinergi dalam memajukan UMKM sebagai basis ekonomi masyarakat. ”Semoga upaya kami ini, menjadi peluang dan membuka pasar untuk para UMKM Kabupaten Serang,” ujar Tatu.

Tatu memastikan, promosi produk-produk UMKM Kabupaten Serang, juga dilakukan melalui pameran-pameran nasional dan internasional. Terutama promisi untuk produk batik khas dan gerabah. “Selain promosi melalui digital atau online, cara ini juga efektif karena masyarakat bisa melihat langsung,” ujarnya.

General Manager ASDP Cabang Utama Merak, Suharto mengapresiasi Bupati Serang karena dengan adanya booth UMKM, suasana area Pelabuhan menjadi lebih indah. Ia pun meyakini, promosi di Pelabuhan Merak cukup efektif.

Ia mengungkapkan, area Terminal Terpadu Merak aktif selama 24 jam. Dalam satu hari penumpang atau pejalan kaki pada low season (bukan hari libur) mencapai 1.500 orang. Belum termasuk penumpang di atas kendaraan bisa sampai 23.500 orang. “Ketika pada posisi Natal dan Tahun Baru atau Lebaran, mencapai 46.000 penumpang dalam satu hari. Dan penumpang pasti akan melewati booth ini karena terminalnya ada di sebelah ,” ujarnya.(js)

Advertisement
Continue Reading

BANTEN

20 Organisasi Relawan Mendeklarasikan Dukungan Tegas untuk Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden 2024

Published

on

20 Organisasi Relawan Mendeklarasikan Dukungan Tegas untuk Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden 2024

Serang, Banten – 15 Oktober 2023, Banten menjadi saksi perayaan semangat dan kesatuan dalam mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang diusung dalam Pemilihan Presiden 2024. Sebanyak 20 organisasi relawan berkumpul di Pusat Relawan Banten For Ganjar untuk mendeklarasikan dukungan tegas mereka terhadap Ganjar Pranowo.

Acara berjudul “Deklarasi Dukungan dan Peluncuran Posko Relawan” yang digelar di Jalan Ki Ajurum, Cipocok Jaya, Kota Serang ini dihadiri oleh sekitar 40 individu yang memiliki satu tujuan bersama: memastikan kesuksesan Ganjar Pranowo dalam pemilihan presiden yang akan datang. Kehadiran tokoh-tokoh penting termasuk Bahroji, Koordinator Pusat Relawan Banten For Ganjar sekaligus Pendiri Relawan PIJAR; Hasan Basri, Ketua Sahabat Ganjar Banten; Nasrulah, Ketua Projo Ganjar Kota Serang; Agung Prakarsa, Ketua DPC Pospera Kota Cilegon; serta perwakilan dari berbagai organisasi relawan.

Dalam acara ini, keragaman organisasi-relawan menjadi poin penting, dengan kehadiran 20 organisasi seperti PIJAR, JURAGAN, SAHABAT GANJAR, JAGABARA, RATU Ganjen, GANJAR JAWARA, JARITANGAN, JKMB, RUMAH KITA, GANJARIST, GANJARIAN TANGERANG, PROJO GANJAR, FAN BASE GANJAR, GANJAR YES, UBANMAN.ID, GARDA HAKURA, JURAGAN MILENIAL, SAGA MERAH BANTEN, dan POSPERA.

Dalam sambutannya, Bahroji, Koordinator Pusat Relawan Banten For Ganjar dan Pendiri Relawan PIJAR, menjelaskan bahwa tujuan acara ini adalah untuk mengkonsolidasikan dukungan relawan, sehingga mereka dapat bergerak bersama untuk memenangkan Ganjar Pranowo. Pusat Relawan tersebut akan menjadi tempat kolaborasi bagi para relawan, yang bersatu untuk meraih kemenangan Ganjar Pranowo.

Advertisement

Agung Prakarsa, Ketua DPC Pospera Kota Cilegon, menegaskan bahwa masyarakat perlu membuat pilihan bijak dalam Pemilihan Presiden 2024. Dari tiga kandidat presiden yang diusung, hanya Ganjar Pranowo yang terbebas dari kontroversi terkait isu SARA dan penculikan.

Ratu Imah, Ketua Ratu Ganjen Banten, menyoroti peran penting organisasinya dalam mempromosikan Ganjar Pranowo di kalangan wanita di Banten melalui media sosial. Ia juga mencatat tantangan bahwa tidak semua komunitas emak-emak memiliki akses internet untuk berkomunikasi. Namun, Ratu Ganjen tetap kukuh dalam mendukung Ganjar Pranowo, terlepas dari manuver politik lainnya.

Deklarasi tegas ini menandai langkah monumental dalam persiapan menuju Pemilihan Presiden 2024. Kesatuan dan dedikasi dari organisasi-relawan ini menunjukkan tekad kuat untuk mengawal masa depan Indonesia dengan mengusung Ganjar Pranowo.

Advertisement
Continue Reading

Trending