NEWS

Jika Jadi Presiden, Ganjar Pranowo Mau Beri Lapangan Kerja buat Disabilitas

Jakarta – Kabarklik.com – Ganjar Pranowo mengungkapkan rencananya jika terpilih menjadi Presiden di 2024. Salah satunya untuk memberikan peluang kerja yang lebih besar kepada kelompok disabilitas di Indonesia.
Dalam temu kangen dengan disabilitas di Badan Unit Usaha Mandiri, Posko Perjuangan Rakyat (Bumi Pospera) di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Ganjar memaparkan gagasan pentingnya memberikan kuota khusus dalam pemerintahan dan perusahaan. Tujuannya untuk mendukung inklusi sosial dan ekonomi bagi kaum disabilitas.

“Ya harus ada afirmasi. Maka umpama dalam ketenagakerjaan, mesti ada kewajiban perusahaan, pemerintah, kalau perlu dikasih kuota. Inilah tindakan afirmasi agar mereka (disabilitas) bisa bekerja,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Kamis (28/9/2023).

Selain kuota pekerjaan, dia pun menyoroti pentingnya menyiapkan SDM disabilitas yang unggul. Caranya yaitu lewat pelatihan dan peningkatan keterampilan agar mereka siap mengisi posisi yang tersedia.

“Nah kita bisa menyiapkan mereka agar mereka juga siap. Jadi ketemu, yang di sini (pemerintah/perusahaan) dipaksa dengan aturan untuk memberikan kuota, yang sebelah sini (kaum disabilitas) disiapkan untuk dilatih agar nanti bisa mengisi kuota,” tegas Ganjar.

Untuk peningkatan SDM secara merata, Ganjar mendorong sekolah inklusi agar diterapkan di seluruh daerah di Indonesia.

Ganjar mengatakan semasa menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng), dirinya telah melakukan terobosan dengan menyiapkan SMA dan SMK Negeri di Jateng menjadi sekolah inklusi. Sehingga anak berkebutuhan khusus bisa belajar di sekolah umum. Selain itu, meningkatkan kualitas SLB Negeri di Jateng

“Mesti kita bangun komitmen kita semua untuk membangun semua sekolah mesti siap untuk inklusi, sehingga semua akan bisa mendapatkan akses yang sama,” tegas Ganjar.

Ganjar mengatakan pelatihan tentang bahasa isyarat juga perlu ditingkatkan. Hal itu agar ketika berinteraksi semua orang bisa memahami. Selain itu, Ganjar meminta semua pihak menyayangi, menghormati, menghargai teman-teman disabilitas.

“Potensi bagusnya menurut saya, kita bicara positif. Kawan-kawan penyandang disabilitas wabil khususnya dari komunitas tuli ini, penting mereka untuk menjadi guru buat kita, buat kami, agar kami bisa mengerti bahasa isyarat, meskipun ada banyak cara yang lain,” tuturnya.

Ganjar berinteraksi dengan teman-teman disabilitas di Bumi Pospera. Ganjar juga mengapresiasi semangat mereka dalam bekerja.

Pada kesempatan tersebut, ia turut meninjau unit usaha yang mempekerjakan kaum disabilitas, seperti usaha car wash, salon mobil, bengkel hingga kedai kopi.

“Saya mengapresiasi semangatnya mereka, dan sebagian besar komunitas tuli ya, mereka mandiri, mereka bekerja luar biasa, mereka butuh pendampingan, saya mengapresiasi para pendamping yang sudah berinisiasi membuat usaha ini,” pungkas Ganjar.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
100% Free SEO Tools - Tool Kits PRO