BANTENNEWSPEMILUPemilu 2024POLITIK

Keluarga Besar Pelaku Usaha Muslim (KBPUM) Banten Gelar FGD Bahas Peran UMKM dalam Pengentasan Kemiskinan dan Harapan Pelaku Usaha untuk Pemilu Damai 2024

KabarKlik.com – Dalam rangka menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 dan untuk mendukung peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Keluarga Besar Pelaku Usaha Muslim (KBPUM) Banten menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) pada hari Minggu, 04 Februari 2024 di Konkret Kafe, Cipocok, Kota Serang.

FGD ini mengambil tema “UMKM Berperan Dalam Pengentasan Kemiskinan dan Pelaku Usaha Ingin Pemilu Damai Terwujudkan.” Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari berbagai instansi terkait, seperti Pemerintah Kota Serang, Polda Banten, Banwaslu Provinsi Banten, dan KPU Provinsi Banten. Sekitar 100 orang yang terdiri dari pemuda, mahasiswa, dan masyarakat umum ikut serta dalam FGD ini.

Anggota KBPUM Irpan Hidayatullah menyampaikan bahwa UMKM di Provinsi Banten harus bekerja sama dengan aparatur pemerintahan dan pemerintah harus menjadi garda terdepan dalam menghadapi tantangan UMKM. Ia mengemukakan beberapa hal yang harus diatasi bersama oleh seluruh pemangku kepentingan terkait, seperti inovasi dan teknologi, literasi digital, produktivitas, legalitas atau perizinan, pembiayaan, branding dan pemasaran, sumber daya manusia, standardisasi dan sertifikasi, pemerataan pembinaan, pelatihan, dan fasilitasi, serta basis data tunggal.

Sekertaris KBPUM Agus Waluyo mengimbau kepada seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih untuk menggunakan hak tersebut dengan bijaksana dan mencegah propaganda perbedaan pendapat. Ia menekankan bahwa Pemilu merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa dan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa mengenai sejauh mana nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia.

Agus Waluyo juga menyampaikan keyakinannya bahwa Pemilu Damai merupakan kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa, mulai dari tataran individu. Ia menegaskan bahwa pemerintah telah senantiasa berkomitmen untuk menjaga kondusifitas dan keamanan selama Pemilu.

FGD ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan peran UMKM dalam pengentasan kemiskinan dan menciptakan iklim Pemilu yang damai dan kondusif.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock