Pemerintahan

Pejabat Pemerintah Kota Cilegon yang Diklarifikasi KASN Terkait Netralitas ASN

KabarKlik.com – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) telah memeriksa sejumlah pejabat Pemerintah Kota Cilegon pada Rabu (7/2/2024) terkait dugaan pelanggaran netralitas oleh Camat Cibeber, Sofan Maksudi. Berkas hasil pemeriksaan sebelumnya telah dilayangkan oleh Bawaslu Cilegon.

Dalam keterangannya, Komisioner Pokja Pengawasan Bidang Penerapan Nilai Dasar, Kode Etik, dan Kode Perilaku ASN, dan Netralitas ASN pada KASN, Arie Budhiman mengatakan bahwa rekomendasi telah diterbitkan di hari yang sama setelah pemeriksaan.

Pemeriksaan dilakukan dengan meminta klarifikasi dari terlapor dan konfirmasi dengan beberapa pejabat Pemkot Cilegon. Berdasarkan proses tersebut, terbukti terlapor melakukan pelanggaran netralitas dan KASN telah menerbitkan rekomendasi kepada Walikota selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) untuk pemberian sanksi kepada Camat Cibeber.

Jenis rekomendasi sanksi yang diterbitkan tidak diungkap oleh Arie karena dikecualikan dan perlu dirahasiakan. Eksekusi sanksi menjadi kekhawatiran banyak orang, namun PPK tidak bisa melompat dari kategori sanksi yang direkomendasikan KASN. Surat tersebut juga ditembuskan ke Menteri Dalam Negeri, sehingga jika Walikota tidak menindaklanjuti, maka dia akan mendapat sanksi dari Menteri Dalam Negeri.

KASN akan mengawal tindak lanjut dari Walikota Cilegon setelah rekomendasi sanksi diterbitkan. PPK merupakan ujung tombak pengawasan dan penegakan netralitas ASN. DPRD Cilegon menuntut transparansi pemerintah daerah hingga tindak lanjut penjatuhan sanksi terhadap Camat Cibeber.

Anggota Komisi I DPRD Cilegon, Aam Amarulloh mengatakan bahwa keterbukaan atas rekomendasi sanksi dan tindaklanjutnya merupakan keharusan dan merujuk pada Perda Nomor 1 Tahun 2015 tentang Transparansi, Partisipasi dan Akuntabilitas Publik dalam Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah. Kasus pelanggaran netralitas ASN ini bermula dari adanya bukti tangkapan layar unggahan status WhatsApp bersifat kampanye dari ponsel Camat Cibeber.

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock