Pemerintahan

Sebanyak 1.003 tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 berada di titik rawan banjir. Ribuan TPS itu tersebar di delapan kabupaten/kota se-Provinsi Banten.

KabarKlik.com – Rinciannya, Kota Tangerang 388 TPS, Kota Tangerang Selatan 168 TPS, Kabupaten Pandeglang 147 TPS, Kabupaten Lebak 97 TPS, Kabupaten Serang 70 TPS, Kabupaten Tangerang 67 TPS, Kota Cilegon 47 TPS, dan Kota Serang 19 TPS.

Dalam beberapa hari terakhir, curah hujan cukup tinggi, bahkan beberapa wilayah di Banten sudah terdampak banjir. KPU Provinsi Banten juga meminta KPU Kabupaten/Kota untuk berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk melakukan relokasi TPS di titik rawan banjir.

Pemilu Serentak 2024 tinggal 8 hari lagi menuju hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Berbagai persiapan terus dilakukan oleh penyelenggara mulai dari persiapan personel KPPS hingga logistik yang sudah dikirimkan secara bertahap ke PPK sejak 21 Januari 2024 lalu.

Anggota KPU Provinsi Banten, Akhmad Subagja membenarkan terdapat 1.003 TPS berada di titik rawan banjir. Untuk mengantisipasi itu, pihaknya telah meminta KPU kabupaten/kota memberikan sosialisasi kepada KPPS untuk membangun TPS di dataran tinggi, khususnya bagi titik-titik daerah rawan banjir.

“Tentu KPU menyarankan (pembangunan) TPS agar dibuat di daerah dataran yang jauh dari banjir. (Dengan) Memanfaatkan daerah yang lebih tinggi,” kata Subagja melalui telepon.

Selain pemetaan TPS di daerah rawan banjir, Subagja mengaku, pihaknya juga sudah memetakan lokasi TPS khusus baik di Rumah Tahanan (Rutan) maupun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

“Totalnya ada 48 TPS lokasi khusus se-Banten. Untuk jumlahnya berbeda-beda (tergantung kapasitas warga binaan),” ucapnya.

Subagja juga memastikan tidak ada TPS khusus di rumah sakit. Sementara, Penjabat (Pj) Sekda Provinsi Banten Virgojanti mengungkapkan, di musim penghujan seperti ini, BPBD harus berperan aktif tidak hanya dalam penanganan bencana, tapi juga melakukan pemetaan daerah-daerah yang rawan bencana sebagai langkah antisipasi.

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
100% Free SEO Tools - Tool Kits PRO