NEWS

Kenali Alat Musik Ritmis untuk Mengiringi Lagu dalam Seni Musik

KabarKlik.com – Dalam seni musik, alat musik berperan penting. Alat musik ritmis memproduksi suara tidak bernada, tetapi menciptakan irama yang bervariasi untuk mengiringi lagu. Mari mengenal beberapa alat musik ritmis berikut ini:

1. **Ketipung:** Alat musik tradisional ini berasal dari Jawa Timur menyerupai gendang, namun berukuran lebih kecil. Ketipung dimainkan dengan cara dipukul.

2. **Marakas:** Alat musik ini berbentuk bulat dan berisi biji-bijian di bagian dalamnya. Pemain menggerakkan marakas untuk menghasilkan bunyi.

3. **Tamborin:** Tamborin juga digenggam dan digerakkan. Alat ini memiliki bentuk bulat dan lubang-lubang pada bingkainya. Di lubang-lubang ini, terdapat lempengan logam yang bersuara jika saling berbenturan.

4. **Tifa:** Papua memiliki alat musik ritmis yang disebut tifa. Alat musik ini berbentuk silinder dengan bagian tengah yang berongga. Ujung silinder ini dilapisi kulit binatang dan dimainkan dengan cara dipukul.

5. **Kotak Musik:** Berasal dari Amerika Tengah, alat musik ritmis ini berbentuk kotak. Biasanya, kotak musik terbuat dari triplek atau kayu tipis. Pemain duduk di atas alat musik ini dan memukulnya dengan teknik tertentu untuk menghasilkan suara.

6. **Gong:** Gong merupakan alat musik ritmis tradisional yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu tradisional. Alat ini berbentuk bulat dan terbuat dari logam. Gong dimainkan dengan cara dipukul.

Berbagai alat musik ritmis ini memiliki karakteristik dan cara memainkannya masing-masing. Dengan mengenal alat musik ritmis, pemain musik dan penikmat musik dapat memperkaya wawasan mereka tentang seni musik.

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock