NEWS

Pemerintah Yakin Tambang Nikel Indonesia Tetap Buka di Tengah Tren Penutupan Tambang Global

KabarKlik.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, meyakinkan bahwa perusahaan tambang nikel di Indonesia tidak akan tutup, meskipun banyak tambang nikel di berbagai negara yang tengah memasuki tren gulung tikar.

“Ya biar aja tambang dunia tutup asal kita gak ikut-ikutan,” ujar Luhut saat ditemui di Kantor Kemenko Marves, Jakarta.

Luhut menilai, harga nikel harus dilihat dalam jangka panjang, setidaknya 10 tahun terakhir. Ia menilai, harga nikel saat ini yang terperosok tidak disebabkan oleh program hilirisasi nikel di Indonesia.

“Enggak ada juga (Indonesia jadi alasan harga nikel anjlok). Saya berkali-kali bilang kalau mau lihat itu harus 10 tahun. Pas lagi sekarang naik, sama saja seperti batu bara,” tuturnya.

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto juga mengatakan pernyataan serupa dengan Luhut. Menurut dia, anggapan terkait penurunan harga nikel karena suplai dari Indonesia yang membanjiri pasar dunia tidak sepenuhnya benar.

“Kalau dibilang oversupply gak sepenuhnya benar, karena penambahan produksi nikel dari Indonesia menggantikan supply di negara lain yang tidak efisien,” ungkap Seto.

Seto menjelaskan, data ekspor Indonesia selama Januari hingga November 2023 menunjukkan nilai ekspor produk turunan nikel mencapai US$ 31,3 miliar, naik 0,6% dibandingkan Januari sampai November 2022 yang sebesar US$ 31,13 miliar.

“Jadi walaupun turun harganya, pendapatan masih naik sedikit karena kenaikan volume,” ucapnya.

Di sisi lain, menurutnya harga nikel saat ini di level US$ 16.000-an masih lebih tinggi dibandingkan harga rata-rata 10 tahun terakhir yang berada di level US$ 15.000-an.

“Perlu diingat bahwa harga nikel sekarang US$ 16 ribu itu masih lebih tinggi dibandingkan harga rata-rata 10 tahun terakhir yang berada di level US$ 15 ribuan, bahkan masih lebih tinggi dibandingkan periode awal-awal kita melakukan hilirisasi tahun 2014-2019 yang harga rata-rata nikel

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock