Uncategorized

Peringatan Dini Badai Matahari Menggunakan Kecerdasan Buatan (AI)

KabarKlik.com – Sebuah tim peneliti di NASA telah berhasil menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memprediksi ‘kiamat lokal’ di Bumi akibat amukan badai Matahari. Hasil perhitungan model milik NASA menunjukkan bahwa manusia di Bumi memiliki waktu 30 menit untuk bersiap sebelum badai Matahari meledak.

Waktu 30 menit tersebut merupakan selisih kecepatan cahaya dan waktu yang dibutuhkan oleh material yang terlontar dari Matahari hingga mencapai permukaan Bumi. Dampak badai Matahari di Bumi dapat sangat besar. Sebut saja, sekitar 35 tahun yang lalu, badai Matahari membuat kota Quebec di Kanada mati listrik selama berjam-jam.

Peristiwa yang lebih dahsyat pernah terjadi di Carrington, Inggris, sekitar 150 tahun yang lalu. Jika peristiwa seperti itu terjadi pada era modern, infrastruktur listrik dan komunikasi dapat hancur lebur.

Oleh karena itu, para ilmuwan telah lama berupaya untuk memprediksi badai Matahari. Mereka menggunakan acuan dampak suar surya ke planet lain dan melakukan pengamatan menggunakan berbagai satelit. Namun, dengan AI, para ilmuwan dapat memperkirakan apa yang terjadi jika suar surya langsung menghantam Bumi.

Para peneliti NASA telah mengembangkan model bernama DAGGER untuk memprediksi dampak badai Matahari. Model ini dapat memprediksi waktu yang dibutuhkan oleh suar surya untuk menghantam Bumi, serta dampak yang akan ditimbulkan oleh material Matahari ke penghuni Bumi.

DAGGER juga dapat memprediksi lokasi di Bumi yang akan terimbas langsung oleh badai surya. Kecepatan prediksi dan kemampuan pengolahan data yang jauh lebih besar membuat DAGGER menjanjikan untuk diterapkan sebagai sistem peringatan dini dari dampak badai Matahari.

Kini, perusahaan komunikasi dan infrastruktur listrik memiliki beberapa tahun untuk mengintegrasikan DAGGER ke sistem mereka jelang tahun 2025. Pada tahun tersebut, aktivitas Matahari diperkirakan akan mencapai puncaknya. Meskipun tidak sepenting sirene tornado atau tsunami, paling tidak DAGGER dapat menyelamatkan suatu kota dari kegelapan total akibat badai Matahari.

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
100% Free SEO Tools - Tool Kits PRO