NASIONAL

Ancaman Terhadap Jubir Menhan Setelah Klarifikasi Dugaan Korupsi Pembelian Jet Tempur Mirage

KabarKlik.com – 13 Februari 2024 – Jakarta

Juru bicara (Jubir) Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengaku mendapat ancaman setelah memberikan klarifikasi terkait dugaan korupsi dalam pembelian jet tempur Dassault Mirage 2000-5 dari Qatar.

Dahnil mengaku mendapat pesan ancaman melalui WhatsApp pada dini hari pukul 01.37 WIB. Pesan tersebut meminta Dahnil untuk tidak lagi memberikan pernyataan kepada media massa terkait klarifikasi dugaan korupsi pembelian pesawat Mirage tersebut.

Dahnil mengatakan bahwa ancaman tersebut diduga terkait dengan sejumlah klarifikasi yang dia lakukan terkait isu hoaks yang bertebaran di media sosial, khususnya terkait pesawat Mirage. Dia menegaskan bahwa pembelian pesawat Mirage tidak pernah ada dan tidak ada transaksi apa pun.

Dahnil menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada TKN Prabowo-Gibran. Sementara itu, Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Keamanan melaporkan adanya dugaan korupsi dalam rencana pembelian pesawat jet tempur Mirage 2000-5 bekas dari Angkatan Udara Qatar.

Koalisi menduga, terdapat kemahalan harga dalam rencana pembelian tersebut. Indikasi kemahalan itu terlihat dari selisih harga pesawat dalam rencana pembelian oleh Kemenhan dan harga beli pesawat.

Berdasarkan informasi resmi dari Kemenhan, nilai kontrak setiap satu unit pesawat Mirage 2000-5 dan sejumlah item lain mencapai 66 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau Rp 1.031.827.500.000 (Rp 1 triliun) per unit. Padahal, sekitar tahun 1997 atau 20 tahunan lalu, harga pasaran pesawat itu hanya 23-30 juta dollar AS per unit.

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
100% Free SEO Tools - Tool Kits PRO