EKONOMI

Emas Naik ke Tertinggi Mingguan, Dolar AS Melemah

KabarKlik.com – Harga emas mengalami penguatan awal pekan ini, melanjutkan tren naik dalam lima sesi perdagangan terakhir. Emas mencapai level tertinggi dalam seminggu seiring dengan melemahnya dolar AS.

Pada awal perdagangan Rabu, harga emas spot naik 0,02% ke US$2.023,99 per troy ounce. Emas mempertahankan level psikologis US$2.000 per troy ounce setelah sempat turun di bawah US$1.900 pada 16 Februari.

Pelemahan dolar AS menjadi pendorong utama penguatan emas. Indeks dolar turun 0,20% ke level 104,08, mendekati kembali level psikologis 103. Dolar AS yang lebih rendah membuat emas batangan yang dibanderol dalam mata uang tersebut lebih murah bagi pembeli di luar AS.

Risalah pertemuan kebijakan moneter terbaru Federal Reserve (The Fed) yang akan diterbitkan nanti malam akan menjadi fokus para pelaku pasar. Risalah ini diharapkan memberikan petunjuk tentang kemungkinan penurunan suku bunga lebih lanjut di AS.

Meski ekspektasi penurunan suku bunga meningkat, pelaku pasar juga mengkhawatirkan kemungkinan bahwa data inflasi yang lebih tinggi akan menunda pemangkasan suku bunga. CME Watch memperkirakan peluang pemotongan suku bunga pada Maret 2024 sebesar 78%.

Permintaan fisik yang kuat juga menjadi penopang harga emas. Namun, suku bunga AS yang lebih tinggi berpotensi menghambat permintaan karena dapat menguatkan dolar AS dan meningkatkan imbal hasil US Treasury, yang membuat emas kurang menarik.

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
100% Free SEO Tools - Tool Kits PRO