NEWS

Pemilu Buat Kita Lupa Penderitaan Panjang di Gaza MER-C

KabarKlik.com – Organisasi kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia menyerukan agar masyarakat tidak melupakan penderitaan yang saat ini masih terjadi di Gaza, di tengah kesibukan Indonesia dalam menyelesaikan Pemilu 2024.

Kepala Presidium MER-C, Sarbini Abdul Murad, mengatakan bahwa kondisi fasilitas kesehatan di Gaza saat ini sangat memprihatinkan. Banyak rumah sakit yang sudah tidak beroperasi atau dalam kondisi yang tidak layak.

“Informasi yang kita dengar sekitar 10 persen (rumah sakit) yang masih operasional, itu pun ada di beberapa tempat. Misalnya di (Gaza) Selatan hanya ada 2 atau 3, tidak semua RS bisa bertahan, kondisinya memprihatinkan sekali,” ujar Sarbini di Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2024).

Sarbini mendorong pemerintah Indonesia untuk mengirimkan bantuan berupa rumah sakit lapangan yang bisa dibangun di Rafa, Gaza. Ia berharap pemerintah dapat bekerja sama dengan pemerintah Mesir untuk mendirikan rumah sakit lapangan Indonesia di Rafah.

“Kita minta pemerintah Indonesia bisa bekerja sama dengan (pemerintah) Mesir untuk mendirikan rumah sakit lapangan Indonesia di Rafah. Pemerintah bisa melakukan upaya diplomatis dan berkolaborasi dengan TNI atau departemen kesehatan,” kata Sarbini.

Menurutnya, saat ini ada sekitar 80 ribu warga Gaza yang terluka dan banyak dari mereka dilarikan ke rumah sakit di daerah Gaza Selatan, karena Rumah Sakit Indonesia di Utara tak lagi bisa digunakan.

Sarbini juga menyampaikan keprihatinannya atas pendudukan rumah sakit Al Nasr di daerah Selatan, Gaza, oleh IDF baru-baru ini. Ia mendesak WHO untuk mengambil langkah-langkah diplomatis dan tegas terhadap Israel agar tidak semakin memperburuk situasi kemanusiaan di Gaza.

“Kita minta kepada WHO untuk melakukan langkah-langkah diplomatis dan tegas (pada Israel) agar tidak menjalar ke musibah kemanusiaan,” tegas Sarbini.

Sarbini khawatir jika ke depannya fasilitas kesehatan di Gaza tidak mendapatkan perhatian khusus, maka akan timbul banyak hal-hal yang tidak diinginkan, seperti habisnya stok makanan, obat-obatan, kelelahan tenaga medis, penangkapan, dan penembakan.

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock