KESEHATAN

Pola Hidup Sehat untuk Cegah dan Turunkan Risiko Kanker

KabarKlik.com – Pola hidup sehat sangat penting untuk mencegah dan menurunkan risiko kanker, baik bagi pasien yang sudah dinyatakan sembuh maupun orang sehat. Dokter Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) dr. Wiji Lestari, M.Gizi, Sp.GK(K) memberikan beberapa tips berikut:

* **Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi:** Selalu konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

* **Pertahankan Berat Badan Normal:** Pantau berat badan agar tetap normal dan hindari obesitas, yang merupakan faktor risiko beberapa jenis kanker.

* **Hindari Agen Karsinogenik:** Batasi konsumsi alkohol, makanan asin, makanan berpengawet, dan makanan tinggi kalori. Hindari juga ikan asin dan makanan yang mengandung aflatoksin.

* **Batasi Daging Olahan:** Batasi konsumsi daging olahan seminimal mungkin, dan hindari memproses daging merah dalam suhu tinggi karena dapat menghasilkan zat berbahaya. Hindari juga bagian gosong makanan karena bersifat karsinogenik.

* **Batasi Daging Merah:** Bagi pasien kanker atau pernah mengidap kanker, konsumsi daging merah tidak boleh lebih dari tiga porsi per minggu. Batasi juga konsumsi daging olahan untuk mencegah risiko kanker atau komplikasi terkait.

* **Aktivitas Fisik Teratur:** Lakukan aktivitas fisik secara teratur untuk menjaga kesehatan dan mengurangi risiko kanker. Hindari pola hidup sedenter yang kurang aktivitas fisik.

Dengan mengikuti tips ini, kita dapat menurunkan risiko kanker dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock