TEKNOLOGI

Sony Pangkas 900 Pekerja Divisi PlayStation

KabarKlik.com – Sony Interactive Entertainment (SIE) telah mengumumkan rencana pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 900 karyawan di seluruh dunia, yang merupakan 8% dari total tenaga kerja globalnya. PHK ini akan memengaruhi berbagai studio pengembangan game PlayStation, termasuk Insomniac Games, Naughty Dog, Guerrilla Games, dan Firesprite.

CEO PlayStation Jim Ryan menyatakan bahwa keputusan sulit ini diambil setelah mempertimbangkan berbagai faktor. “Kami ingin memastikan bisnis kami tetap berkembang dan perusahaan tetap kuat,” katanya.

Langkah ini mengikuti tren PHK di industri teknologi dan game. Awal tahun ini, Microsoft memberhentikan 1900 karyawan di divisi Activision Blizzard dan Xbox. Unity dan Discord juga telah mengurangi stafnya.

Selain PHK, Sony juga menutup Studio London di Inggris, yang bertanggung jawab atas pengembangan game PlayStation VR. Studio Firesprite di Inggris, yang mengembangkan game VR “Horizon Call of the Mountain,” juga terkena dampak.

Menurut sumber internal, studio di AS seperti Insomniac Games dan Naughty Dog juga terpengaruh. Demikian pula dengan Guerrilla Games di Belanda.

Rencana PHK ini muncul setelah Sony gagal mencapai target penjualan PS5, yang mengakibatkan penurunan nilai saham perusahaan sebesar USD 10 miliar. Analis juga mencatat bahwa keuntungan dari game PlayStation memiliki margin yang tipis.

Sony telah mengindikasikan rencana untuk memperluas pengembangan game ke PC dan perangkat seluler. “Ini memerlukan pendekatan dan sumber daya yang berbeda,” kata Hermen Hulst, kepala PlayStation Studios.

Awan PHK terus menghantui industri teknologi dan game, yang telah mengalami perlambatan sejak 2023.

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock