KESEHATAN

Ajaib, Pria California Sembuh dari HIV dan Kanker Darah

KabarKlik.com – Seorang pria berusia 68 tahun di California menjadi harapan baru bagi para penderita HIV setelah sembuh dari virus mematikan tersebut. Paul Edmonds juga berhasil mengatasi penyakit kanker darah yang dideritanya.

Bertahun-tahun lalu, Edmonds didiagnosis mengidap HIV-AIDS. Ia kehilangan banyak teman akibat penyakit tersebut. Sejak 1997, ia menjalani terapi antiretroviral, yang memperkuat sistem kekebalannya dan membuatnya tidak dapat menularkan HIV kepada orang lain.

Selain itu, Edmonds juga menerima obat PrEP pada tahun 2012, yang mengurangi risiko penularan HIV melalui hubungan seksual secara signifikan. Kombinasi pengobatan ini memungkinkan Edmonds hidup dengan HIV tanpa gejala yang terlihat.

Namun, pada tahun 2018, Edmonds didiagnosis menderita leukemia. Ia menjalani kemoterapi dan transplantasi sel punca. Donor sel punca yang diberikan memiliki mutasi genetik langka yang memberikan kekebalan terhadap HIV.

Edmonds berhenti menggunakan terapi antiretroviral lima tahun lalu. Jika ia tetap sehat tanpa obat tersebut, ia akan dianggap sembuh dari HIV. Ini merupakan tonggak penting dalam perjuangan melawan HIV dan memberikan harapan bagi pasien di seluruh dunia.

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock