NEWS

Gula Aren, Manisan Asli Banten dengan Nilai Gizi Tinggi

KabarKlik.com – Gula aren, pemanis alami dari getah pohon aren (Arenga pinnata), telah menjadi bagian penting dari budaya dan ekonomi masyarakat Banten. Di wilayah selatan Banten, kelimpahan pohon aren mendukung produksi gula aren yang cukup besar.

Proses pembuatan gula aren tradisional masih banyak dilakukan oleh petani kecil dengan keterampilan khusus. Mereka mengekstrak getah aren dan mengolahnya menjadi gula dengan cara manual. Gula aren Banten dikenal memiliki nilai gizi tinggi, mengandung mineral dan nutrisi dari getah pohon aren.

Beberapa daerah di Banten terkenal sebagai penghasil gula aren, seperti Kabupaten Lebak, Pandeglang, dan Serang. Produksi gula aren di daerah-daerah ini berperan penting dalam mata pencaharian masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan.

**Peningkatan Permintaan Jelang Ramadhan**

Menjelang bulan Ramadhan, permintaan gula aren meningkat tajam. Pemilik toko makanan tradisional di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, melaporkan kenaikan omzet pendapatan hingga dua kali lipat. Hal ini disebabkan oleh lonjakan harga pasar dan permintaan dari pelanggan luar daerah.

Kenaikan harga gula aren dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan pasar untuk kebutuhan makanan dan minuman selama Ramadhan. Harga gula aren yang sebelumnya sekitar Rp250.000 per lima ikat, kini naik menjadi Rp300.000.

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock