POLITIK

Hindari Kekacauan dengan Selesaikan Dugaan Kecurangan Pemilu Secara Konstitusional

KabarKlik.com – Mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla, menekankan pentingnya menyelesaikan dugaan kecurangan pemilu secara konstitusional untuk mencegah terjadinya kekacauan dan kemunduran demokrasi.

“Jika masalah ini diselesaikan dengan cara di luar konstitusi, seperti parlemen jalanan, akan menimbulkan efek berantai yang mengancam demokrasi,” kata JK dalam sebuah diskusi di Universitas Indonesia.

Menurut JK, pemenang pemilu harus mendapat legitimasi dari masyarakat agar negara dapat menghadapi tantangan ke depan dengan efektif. Jika kepercayaan rakyat terkikis, pemerintahan akan kesulitan menjalankan fungsinya.

Oleh karena itu, JK mengimbau semua pihak yang berselisih untuk menggunakan cara konstitusional dalam menyelesaikan masalah. Salah satu opsi yang tersedia adalah hak angket di parlemen untuk mengungkap dugaan kejanggalan dalam proses pemilu.

“Mari selesaikan masalah ini dengan cara yang konstitusional, agar kita dapat memperbaiki negara dengan cara yang benar,” tandas JK.

Wacana hak angket untuk mengusut dugaan kecurangan pemilu sebelumnya telah diangkat oleh kubu calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Gagasan ini mendapat dukungan dari pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Hingga saat ini, anggota DPR dari Fraksi PDI-P, PKB, dan PKS telah menyampaikan interupsi untuk mendorong pelaksanaan hak angket.

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock