GLOBAL

Konflik Intens di Yaman dan Laut Merah

KabarKlik.com – Ketegangan di Timur Tengah meningkat setelah serangan yang dilakukan Amerika Serikat (AS) terhadap milisi Houthi di Yaman dan Laut Merah.

AS melakukan enam serangan pada Senin lalu, setelah Houthi mengancam peningkatan serangan terhadap kapal dagang di Laut Merah selama bulan Ramadan. Militer AS menghancurkan sebuah kapal selam tak berawak dan 18 rudal anti-kapal milik Houthi.

Meski begitu, serangan Houthi terus berlanjut pada Selasa, dengan sebuah drone ditembak jatuh oleh kapal perang Italia di Laut Merah. Senjata yang digunakan Houthi merupakan ancaman terhadap kapal dagang dan kapal angkatan laut AS di wilayah tersebut.

Pemerintah Yaman yang diakui secara internasional melaporkan bahwa sedikitnya 11 orang tewas dan 14 lainnya luka-luka akibat serangan udara AS di Yaman Barat.

Houthi menyatakan akan terus berperang meskipun ada serangan berulang yang dipimpin AS. Kelompok tersebut juga mengklaim telah menyerang kapal dagang di Laut Merah, meskipun dibantah oleh AS.

Dalam beberapa bulan terakhir, Houthi telah melancarkan serangan terhadap kapal-kapal yang terkait dengan Israel dan sekutunya di Laut Merah dan Teluk Aden sebagai bentuk solidaritas dengan Palestina.

Serangan ini memicu kekhawatiran bahwa konflik Israel-Hamas dapat mengganggu stabilitas Timur Tengah secara lebih luas. Laut Merah merupakan jalur penting bagi perdagangan global, dengan lebih dari seperempat kargo peti kemas dunia melintasinya.

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock