EKONOMI

Pemerintah Tambah 14 Proyek Strategis Nasional Baru tanpa Dana APBN

KabarKlik.com – Pemerintah Indonesia telah menetapkan 14 Proyek Strategis Nasional (PSN) baru yang akan dilaksanakan hingga pertengahan 2024. Keputusan ini diambil dalam Rapat Internal yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo pada 18 Maret 2024.

Semua proyek baru ini akan dibiayai oleh investasi swasta tanpa menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Proyek-proyek ini akan dikembangkan di berbagai daerah, termasuk Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Ada berbagai sektor yang akan dikembangkan dalam 14 PSN baru ini, yaitu:

* 8 Kawasan Industri
* 2 Kawasan Pariwisata
* 2 Jalan Tol
* 1 Kawasan Pendidikan, Riset dan Teknologi, Kesehatan
* 1 Proyek Migas Lepas Pantai

Salah satu proyek baru yang akan dikembangkan adalah Pengembangan Green Area dan Eco-City di lokasi PIK 2, Banten. Proyek seluas sekitar 1.756 Ha ini akan menjadi destinasi pariwisata hijau dan mengakomodasi Kawasan Wisata Mangrove sebagai pelindung pesisir alami. Diperkirakan akan menyerap sekitar 6.235 tenaga kerja langsung dan 13.550 tenaga kerja melalui efek pengganda.

Selain itu, Pemerintah juga akan mengembangkan Pengembangan Kawasan Terpadu Bumi Serpong Damai (BSD). Proyek ini akan difokuskan pada pengembangan Pendidikan – Biomedical – Digital, dan sejalan dengan rencana pengembangan Biomedical Campus Terintegrasi. Kawasan ini juga akan dikembangkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang fokus pada pengembangan kesehatan dan ekonomi digital.

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock