KESEHATAN

Kasus Covid-19 Singapura Melonjak, Muncul Varian Baru

KabarKlik.com – Kasus Covid-19 di Singapura terus meningkat selama beberapa minggu terakhir. Data dari otoritas kesehatan setempat menunjukkan lonjakan kasus yang signifikan, mencapai 25.900 kasus dari 5-11 Mei.

Selain jumlah kasus, tingkat rawat inap akibat Covid-19 juga mengalami peningkatan. Tercatat sekitar 280 pasien dirawat di rumah sakit dalam seminggu terakhir, naik dari 250 kasus pada periode sebelumnya.

Pemerintah Singapura menyerukan masyarakat, terutama kelompok rentan, untuk melakukan vaksinasi tambahan dan memakai masker. Vaksinasi tahunan disarankan, khususnya bagi lansia.

Lonjakan kasus ini dikaitkan dengan sub-varian KP.1 dan KP.2 dari varian Omicron. Kedua varian ini menyumbang lebih dari dua pertiga kasus Covid-19 di Singapura saat ini.

Meskipun varian ini menunjukkan tingkat penularan yang lebih tinggi, belum ada bukti bahwa mereka menyebabkan penyakit yang lebih parah. Namun, juru bicara otoritas kesehatan setempat memperingatkan bahwa kelompok rentan tetap berisiko tinggi mengalami komplikasi serius jika terinfeksi.

Para ahli berpendapat bahwa KP.2 dan KP.1 mungkin menunjukkan perilaku evolusioner virus, menjadi lebih mudah menular tetapi kurang ganas. Gejala yang ditimbulkan masih serupa dengan varian Omicron sebelumnya, seperti demam, sakit tenggorokan, dan kelelahan.

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
100% Free SEO Tools - Tool Kits PRO