BANTEN

Berani Berbuat Tidak Netral, KPU Kabupaten Serang Ancam Pecat Anggota PPS

– Sebanyak 978 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 27 Nevember mendatang resmi dilantik.

Pada kesempatan tersebut, KPU Kabupaten Serang mengancam akan memecat anggota PPS yang berani berbuat tidak netral.

Ketua KPU Kabupaten Serang Muhammad Nasehudin mengatakan, setelah resmi dilantik para anggota PPS secara otomatis harus langsung bekerja, di antaranya rapat pleno untuk memilih ketua PPS dan menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan pemerintah desa berkaitan dengan pengusulan sekrtariat.

“Terus mereka melaksanakan tugas yang sedang berjalan yakni pemetaan pemutaakhiran data pemilih. Kalau di pemilu kemarin jumlah pemilih di TPS (tempat pemungutan suara) maksimal 300 orang, di pilkada ini diarahkan menjadi 600 maksimal,” ujar Nasehudin di Marbella Hotel and Convention Anyer, Minggu 26 Mei 2024.

Ia mengarakan kepada seluruh anggota PPS yang baru dilantik tersebut untuk menjaga netralitas dan profesionalitas dalam melaksanakan tugasnya mensukseskan Pilkada tahun 2024 ini.

“Ini menjadi fokus kami untuk melakukan pembinaan, supervisi, dan monitoring agar mereka bekerja dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Mantan anggota Bawaslu Provinsi Banten ini menegaskan, jika dalam prosesnya ditemukan ada anggota PPS yang tidak netral dan betugas tidak sebagaimana mestinya, pihaknya akan melakukan pembinaan dan apabila perlu dilakukan pemberhentian.

“Tentu kalau sudah memenuhi syarat dan ketentuan mesti diganti,” tuturnya.

Nasehudin menyoroti terkait adanya 6.652 daftar pemilih khusus (DPK) yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilu 14 Februari lalu.

“Ini tidak boleh lagi terjadi dan pemutaahkiran data harus cermat dan semoga tidak ada lagi pemilih yang tidak masuk dalam DPT,” paparnya.(***)

 

sumber: bantenraya.com

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock