BANTENNEWSSOSIAL

KH. Embay Mulya Syarief: Pentingnya Memahami Sirah Rasulullah dan Mematuhi Kesepakatan Pancasila

Kabarklik.com – Banten, 28 Mei 2024 – KH. Embay Mulya Syarief, Ketua Umum Pengurus Mathla’ul Anwar sekaligus Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi Banten, menyampaikan pandangan tegas terkait pentingnya umat Islam memahami sirah Rasulullah SAW dan mematuhi kesepakatan nasional Pancasila dalam menjaga persatuan bangsa.

Dalam pernyataannya, KH. Embay Mulya Syarief menyoroti upaya kelompok yang mengusung konsep khilafah yang dianggapnya bertentangan dengan nilai-nilai persatuan dan kesepakatan yang telah dibangun bangsa Indonesia. Menurutnya, umat Islam harus sadar bahwa Rasulullah SAW tidak pernah membatalkan Piagam Madinah meskipun ada pengkhianatan, dan hal ini mengajarkan pentingnya mematuhi kesepakatan.

KH. Embay Mulya Syarief juga mengingatkan bahwa bangsa Indonesia yang majemuk, dengan lebih dari 200 kerajaan, 700 bahasa daerah, ribuan suku, serta 17.000 pulau, mampu bersatu karena Pancasila. “Pancasila adalah kesepakatan yang haram hukumnya kita melanggar,” tegasnya, merujuk pada firman Allah di surat Al-Maidah ayat 1 yang memerintahkan orang-orang beriman untuk mematuhi kesepakatan.

Mengutip sejarah, KH. Embay mengingatkan kembali peristiwa DI/TII 1949 yang dipimpin oleh Kartosuwiryo, yang dinilainya sebagai pengkhianatan terhadap kesepakatan nasional dan mendapat dukungan dari pihak asing seperti Belanda. Ia menekankan bahwa umat Islam harus memahami sirah Rasulullah SAW agar tahu bagaimana Rasulullah menjalankan kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Selain itu, KH. Embay menegaskan pentingnya ketaatan kepada pemimpin, meskipun pemimpin tersebut kafir atau zalim, demi menjaga kesepakatan dan persatuan bangsa. Ia juga menghimbau agar masyarakat Banten khususnya, dan bangsa Indonesia umumnya, tidak terprovokasi oleh propaganda yang dapat memecah belah bangsa.

KH. Embay juga menyoroti peran pemerintah dalam memblokir konten negatif di media sosial yang menyebarkan propaganda merusak, terutama yang terkait dengan agama. Ia mengharapkan tindakan tegas terhadap pihak-pihak yang mengancam keutuhan negara melalui terorisme atau gerakan seperti Khilafatul Muslimin.

Sebagai penutup, KH. Embay mengajak pemerintah untuk memperkuat pendidikan agama di sekolah, tidak hanya fokus pada ibadah tetapi juga pada aspek bermasyarakat, berbahasa, dan bernegara. “Pemahaman ini harus disampaikan kepada generasi muda agar mereka mengerti bagaimana hidup bermasyarakat dan bernegara sesuai dengan kesepakatan bangsa kita,” tutupnya.

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
100% Free SEO Tools - Tool Kits PRO