Berita NEWS

Zulhas Pastikan Makan Bergizi Gratis Terwujud: Uangnya Ada, Banyaklah, Lebih dari Cukup

Kabarklik.com – Ketua Umum (Ketum), PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan bahwa pemerintahan punya lebih dari cukup anggaran untuk mewujudkan program makan siang dan susu gratis. Dia memastikan pihak pemerintahan baru Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sudah memperhitungkan dengan matang.

Program yang sudah berganti nama jadi makan bergizi gratis sebagai prioritas presiden terpilih Prabowo Subianto itu, kata Zulhas sudah melalui banyak persiapan. “Ada uangnya, dananya saya udah pelajari kok,” kata Zulhas, di Cinere, Depok, dikutip Sabtu, 1 Juni 2024. “Pak Prabowo itu sangat siap dan sudah mempersiapkan segala sesuatu dengan baik. Udah hitung-hitung, kita punya anggraan mungkin ada banyaklah cukup lebih dari cukup,” ucapnya lagi, meyakinkan dana ada dan cukup. Namun demikian, Menteri Perdagangan (Mendag) itu belum mau merinci jumlah anggaran yang diklaim banyak itu. Zulhas meminta semua pihak menanti hingga hari pelantikan Prabowo-Gibran terlaksana.

“(Anggaran diperkirakan) Banyak, kan nanti masih Oktober ya,” ujarnya.

Presiden terpilih, Prabowo Subianto memetakan strategi yang hendak digunakan pemerintahannya nanti, untuk mewujudkan program-program priortas. Salah satu di antaranya adalah program makan siang dan susu gratis bagi pelajar. Hal ini diungkapkan Prabowo di hadapan para investor asing, praktisi ekonomi, dan perwakilan negara asing di Doha, Qatar, Rabu, 15 Mei 2024. Jawaban itu dipicu tanya dari wartawan senior Haslinda Amin, tepatnya dalam acara Qatar Economic Forum.

Dia mengatakan, terdapat sejumlah metode untuk mengoptimalkan pengelolaan anggaran. Dengan demikian, APBN bisa sepenuhnya menanggung biaya program unggulan Prabowo Bersama Gibran Rakabuming Raka, termasuk makan siang gratis dan susu gratis. “Kami menghitung itu, dan ada metode untuk refocusing dan mengurangi anggaran untuk program yang tidak esensial. Ini adalah soal efisiensi, tata kelola yang baik, pengaturan dan manajemen yang baik,” ujar dia, dikutip Rabu, 15 Mei 2024.

Dia melanjutkan, pemerintahan di Bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini telah menerapkan digitalisasi dan komputerisasi dalam berbagai layanan pemerintahan, termasuk juga untuk pengadaan.

Sehingga, imbuh Prabowo, pihaknya pun nanti akan melanjutkan sistem tersebut. Baginya, digitalisasi memicu peningkatan efisiensi alokasi uang sambal menekan kebocoran anggaran. “Kami dapat menghemat banyak uang dengan memangkas yang tak perlu, dan ini akan berkontribusi pada pertumbuhan, ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Jadi, ya kami sangat percaya diri,” kata Prabowo. ***

sumber: www.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
100% Free SEO Tools - Tool Kits PRO