POLITIK

Bawaslu Serang Minta Panwaslu Awasi Pemutakhiran Data Pemilih

KabarKlik.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang menginstruksikan Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) untuk memperkuat pengawasan pada proses pemutakhiran data pemilih. Tujuannya untuk memastikan seluruh masyarakat yang berhak memilih terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada Kabupaten Serang 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Serang, Ari Setiawan, menjelaskan bahwa PKD telah menerima pembekalan mengenai metode pengawasan yang dapat diterapkan saat pemutakhiran data pemilih. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir potensi pelanggaran prosedural.

“Kami mengimbau PKD untuk berkomunikasi aktif dengan pihak terkait, seperti Panwascam di tingkat kecamatan dan aparat desa, untuk memastikan proses berjalan lancar,” ujar Ari.

Ari mengidentifikasi beberapa potensi kerawanan, diantaranya petugas PKD yang tidak mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP), seperti tidak melakukan verifikasi langsung ke pemilih atau menugaskan orang lain menggantikan tugasnya.

“Hal-hal ini tidak diperbolehkan dan harus diawasi secara ketat,” tegasnya.

Bawaslu juga mencatat adanya kasus pada Pemilihan Umum 2024 lalu, di mana sejumlah pemilih seharusnya masuk dalam DPT, justru terdaftar sebagai DPK (Daftar Pemilih Khusus). Akibatnya, waktu memilih mereka dibatasi menjadi satu jam saja.

Untuk mencegah kejadian serupa, Bawaslu meminta PKD mendirikan posko pengaduan selama proses pemutakhiran data pemilih. Masyarakat yang mendapati adanya kesalahan atau pelanggaran dapat melaporkannya melalui posko tersebut.

“Kami berharap pengawasan optimal dari PKD dapat memastikan akurasi dan integritas DPT, sehingga seluruh pemilih yang memenuhi syarat dapat menggunakan hak pilihnya tanpa kendala,” pungkas Ari.

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
100% Free SEO Tools - Tool Kits PRO