BANTENNEWSPOLITIK

Tangerang Bidik 82% Partisipasi Pemilih pada Pilkada 2024

KabarKlik.com – Kota Tangerang, Banten berupaya untuk mencapai tingkat partisipasi pemilih sebesar 82 persen dalam Pilkada Kota Tangerang 2024 melalui kampanye sosialisasi yang intensif.

Yudhistira Prasasta, Komisioner KPU Kota Tangerang, menyatakan bahwa berbagai upaya sosialisasi akan digencarkan untuk mencapai target partisipasi tersebut.

“Kami bahkan berharap bisa melebihi 82 persen, seperti yang terjadi pada Pemilu legislatif dan Pilpres 2024 lalu. Sosialisasi akan kami tingkatkan,” ungkap Yudhistira, Senin (17/6/2024).

Yudhistira menjelaskan bahwa panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) akan berperan aktif dalam kegiatan sosialisasi kepada masyarakat terkait Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa penggunaan tagline, jingle, dan maskot sudah disiapkan untuk memudahkan kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh berbagai pihak kepada masyarakat.

“Kami akan menjangkau semua lapisan masyarakat dan kelompok untuk turut serta memberikan suara mereka dalam Pilkada,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Tangerang, Teguh Supriyanto, menyatakan bahwa pemerintah kota juga melakukan sosialisasi sebagai langkah penting untuk mengedukasi dan mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya partisipasi dalam Pilkada.

Selain itu, sosialisasi juga bertujuan untuk memastikan pelaksanaan pemilihan berjalan sukses dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas bagi Kota Tangerang.

“Kesbangpol Kota Tangerang sudah mulai aktif turun ke sekolah hingga kampus untuk mensosialisasikan event besar pada 27 November nanti. Dengan demikian, diharapkan partisipasi dan pemahaman masyarakat, terutama pemilih pemula, dapat meningkat,” jelas Teguh.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin, mengungkapkan bahwa terdapat peningkatan sekitar 22.382 pemilih pemula dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dibandingkan dengan pileg sebelumnya.

Menurut data KPU Kota Tangerang, jumlah DPT pada pileg lalu tercatat sebanyak 1.362.773 pemilih, sementara Data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) meningkat menjadi 1.385.155 pemilih.

Setelah pendataan lebih lanjut, diketahui bahwa terdapat sekitar 339.829 orang dari kategori generasi Z dan 512.571 dari generasi Milenial. “Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi kepada pemilih pemula untuk mensukseskan Pilkada 2024,” tutupnya.

Related Articles

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock