Program Satu Juta Rumah Diyakini Lampaui Target

Program Satu Juta Rumah Diyakini Lampaui Target

EKONOMI 22 October 2018 08:29



 
.

KabarKlik - PEMERINTAH, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera), optimistis dapat merealisasikan target pembangunan Program Satu Juta Rumah pada tahun ini.

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PU-Pera Khalawi Abdul Hamid mengungkapkan, hingga pertengahan Oktober, telah terbangun 850 ribu unit rumah, baik yang ditujukan untuk masyarakat berpendapatan rendah (MBR) maupun non-MBR.

Di luar itu, Kementerian PU-Pera melalui Direktorat Penyediaan Perumahan masih memiliki tabungan 120 ribu unit pembangunan rumah susun dan rumah khusus yang saat ini pembangunannya masih berjalan dan diproyeksikan rampung pada akhir 2018.

Dengan capaian yang sudah cukup besar, hingga akhir tahun, ia meyakini angka satu juta akan terealisasi. Bahkan, ia optimistis kinerja pembangunan akan melebihi target yang dicanangkan.

"Sampai akhir Desember saya tidak ragu bisa sampai satu juta unit rumah. Bisa sampai 1,1 juta rumah malah," ujar Khalawi di Hotel Belleza, Jakarta, Senin (22/10).

Sejak pertama kali dicanangkan pada 2015, Program Satu Juta Rumah memang masih mengalami kendala, terutama pada dua awal.

Pada 2015, hanya terbangun 699.570 unit. Meningkat menjadi 881.102 unit pada 2018 dan pada 2017 hampir mendekati target yakni 904.758 unit

Kendati belum pernah mencapai target setiap tahunnya, Khalawi mengatakan, sejak awal, tren pembangunan terus menanjak.

Rendahnya realisasi pada awal pelaksanaan, menurutnya, sangat lumrah terjadi. Hal itu lantaran belum terciptanya koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah serta pelaku usaha selaku pengembang hunian.

Selain itu, program pengadaan tanah juga menjadi kendala lainnya karena sudah bukan rahasia bahwa harga tanah semakin tinggi terutama di kota-kota besar.

Selain itu, regulasi yang rumit dalam perizinan pembangunan juga menjadi hambatan.

"Tetapi, semakin ke belakang, semua tantangan itu semakin bisa ditangani dengan baik. Kami yakin, dalam empat tahun Pemerintahan Presiden Jokowi, target Program Satu Juta Rumah bisa tercapai," tandasnya.

sumber: mediaindonesia.com

EKONOMI 22 October 2018 08:29

BERITA TERKAIT
TOPIK POPULER
FORUM TERKINI
BERITA POPULER