Kekuatan Besar Jokowi - Maruf Amin Diklaim Timses dari Kiai-kiai Kampung

Kekuatan Besar Jokowi - Maruf Amin Diklaim Timses dari Kiai-kiai Kampung

POLITIK 15 November 2018 08:59



 
.

KabarKlik - Tim Kampanye Nasional Jokowi - Maruf Amin mengklaim akan didukung oleh kiai-kiai kultural atau kiai kampung pada pemilihan presiden 2019.

Wakil Ketua TKN Jokowi - Maruf Amin, Abdul Kadir Karding menyikapi hasil sigi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengenai tokoh agama atau ulama yang mempunyai pengaruh elektoral dan imbauannya paling didengarkan oleh masyarakat.

Abdul kadir Karding mengatakan terdapat tiga lokus kiai yang perlu diperhatikan.

Yakni, kiai-kiai kultural yang ada di kampung dan pondok pesantren, kedua kiai-kiai sepuh, dan ketiga kiai-kiai populis yang kerap memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan dakwahnya.

"Kekuatan besar Jokowi - Maruf Amin adalah kiai-kiai kultural, kiai kampung, kiai-kiai sepuh terutama yang ada di Nahdlatul Ulama dan para tokoh-tokoh di Muhammadiyah," kata Abdu Kadir Karding saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (15/11/2018).

Berdasarkan hasil sigi LSI Denny JA muncul lima nama ulama yang mempunyai pengaruh elektoral dan imbauannya paling didengarkan oleh masyarakat, yakni Ustaz Abdul Somad, Arifin Ilham, Yusuf Mansyur, Abdullah Gymnastiar, dan Habib Rizieq Shihab.

"Tentu mereka ini adalah orang-orang yang diapresiasi publik karena menggunakan cara-cara kreatif seperti media sosial untuk berdakwah sehingga mereka sangat kuat di publik. Rata-rata mereka ini adalah orang-orang yang netral kecuali HRS," tutur Abdul Kadir Karding.

Abdul Kadir Karding mengaku tidak khawatir jika salah satu di antara lima ulama berpengaruh itu mendukung pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. "Kita masih optimis dengan dukungan kiai-kiai kampung, kiai musala dan sebagainya terhadap dukungan ke Jokowi," kata Abdul Kadir Karding.

sumber: tribunnews.com

POLITIK 15 November 2018 08:59

BERITA TERKAIT
TOPIK POPULER
FORUM TERKINI
BERITA POPULER