Tol Trans Sumatra akan Dilengkapi Kereta Cepat

Tol Trans Sumatra akan Dilengkapi Kereta Cepat

EKONOMI 24 November 2018 12:58



 ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
.

KabarKlik - PRESIDEN Joko Widodo mengatakan tol Trans Sumatra yang tersambung pada 2024 memiliki luasan tanah yang memadai. Dengan demikian, jalan yang membentang sepanjang Pulau Sumatra ini bisa dilengkapi kereta cepat.

"Kalau kita lihat sekarang ini, pembangunan tolnya (Bakauheni-Terbangi Besar), kualitasnya saya melihat baik. Kemudian persiapan tanahnya tidak pas untuk jalan saja tetapi juga ada masih sisa yang nantinya bisa dipakai untuk utilities yang lain. Misalnya, untuk kereta api cepat atau agak cepat. Sudah ada persiapannya di situ," terang orang nomor 1 di Indonesia itu saat mengunjungi pembangunan tol Bakauheni-Palembang, Lampung, Jumat (24/11).

Menurut dia, konsep pembangunan infrastruktur yang terintegrasi sudah menjadi keharusan negara besar. Oleh sebab itu, pengadaan lahan tol Trans Sumatra tidak hanya untuk jalan namun juga untuk proyek infrastruktur lain.

"Ya semua negara kan seperti itu. Lebih irit, lebih efisien. Tapi sekali lagi mesti harus ada hitung-hitungan, IRR nya seperti apa, ROI nya seperti apa, semua mesti dikalkulasi semua," pungkasnya.

Pada kesempatan sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Bakauheni-Palembang sepanjang 350 km bisa digunakan secara fungsional untuk mudik Lebaran 2019. Kemudian tol yang digarap Hutama Karya ini beroperasi optimal mulai Juni 2019.

Ia mengatakan, tol sepanjang 350 km ini terdiri dari ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 km yang sudah mencapai 96% dan Desember tahun ini selesai,

Terbanggi Besar-Kayu Agung sepanjang 189 km progresnya 83% rampung Juli 2019, Kayu Agung-Betung dengan panjang 111 km sudah mencapai 42%, Pematang Panggang-Palembang 33 km yang bisa selesai Juni 2019.

Ia mengatakan proyek tol lain yang masuk rangkaian trans Sumatra juga pengerjaanya sedang berlangsung. Meskipun terdapat masalah pembebasan lahan seperti di ruas Padang-Sicincin namun jalan tol yang menghubungkan Bakauheni-Aceh bisa selesai 2024

"Dengan demikian target pembangunan jalan tol sepanjang 1852 km bisa tercapai," pungkasnya. 

sumber: Media Indonesia

EKONOMI 24 November 2018 12:58

BERITA TERKAIT
TOPIK POPULER
FORUM TERKINI
BERITA POPULER