Jokowi: Membangun Desa Maka Membangun Indonesia yang Asli

Jokowi: Membangun Desa Maka Membangun Indonesia yang Asli

EKONOMI 24 November 2018 01:05



 
.

KabarKlik - Presiden Joko Widodo menyatakan, desa adalah bintang utama dari pembangunan Indonesia selama 4 tahun ini. Menurutnya dengan membangun desa, maka sama halnya membangun Indonesia sesungguhnya.

Jokowi menyebut bahwa negara ini terdiri dari 74 ribu desa, itu mengapa desa kata dia selalu ada dalam hati dan pikirannya selama empat tahun memimpin Indonesia.

“Desa menjadi bintang utama pembangunan empat tahun ini. Saya percaya dengan membangun desa, maka kita membangun Indonesia yang asli,” kata Jokowi saat bicara dalam acara Sarasehan Pengelolaan Dana Desa Se-Jawa Tengah Tahun 2019 di Semarang, Kamis (22/11/2018).

Turut mendampingi sarasehan itu yakni ibu negara Iriana Jokowi, Menteri Desa Eko Putro Sandjojo, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menseskab Pramono Anung, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa anggaran dana desa terus meningkat. Pada 2015, dana desa pertama sebesar Rp 20 triliun, namun pada 2018 dana desa Rp 60 triliun dan 70 triliun pada 2019.

Bahkan jika dibandingkan, besaran dana desa dengan APBD Jawa Tengah, tambah Jokowi menyatakan, dana desa yang disalurkan ke Jateng pada 2019 sebesar Rp 6,7 triliun. Sementara APBD Jateng 2019 sekitar Rp 24 triliun.

“Naik naik terus, apa yang diharapkan?” tanya Jokowi.

Presiden Jokowi berharap, agar dana desa yang besar itu terus berada di desa untuk membangun desa, membeli material dan menggunakan tenaga kerja setempat. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat desa itu sendiri.

“Dana desa jangan kembali ke kota, apalagi ke Jakarta. Jangan. Berputar saja terus, agar di desa saja,” tegasnya.

sumber: Warta Kota

EKONOMI 24 November 2018 01:05

BERITA TERKAIT
TOPIK POPULER
FORUM TERKINI
BERITA POPULER